Panduan Makanan Dan Pemberian Pakan Untuk Cupang


Halo sobat pelangi dimanapun anda berada pada artikel kali ini kami akan membahas soal makanan yang terbaik untuk ikan cupang kesayangan kita. Apakah itu? langsung saja simak artikel berikut.
Untuk kita orang Indonesia pada umumnya memberikan makanan pada ikan cupang kesayangan kita adalah hal yang mudah tetapi yang akan kami bahas kali ini adalah pembahasan tentang ragam makanan ikan cupang dan tata cara pemberian makan yang baik agar ikan kita sehat dan terhindar dari penyakit.

Ikan cupang diklasifikasikan sebagai karnivora, dan memakan serangga di alam liar. Makanan cupang terbaik mereplikasi kebutuhan khusus tanpa banyak bahan pengisi yang ditambahkan dan tidak dapat dicerna. Bagi sebagian besar pemilik cupang yang tidak sempat untuk mencari atau menyediakan makanan hidup sebagai makanan utama ikan cupang. Maka yang terbaik adalah menyediakan berbagai pakan berkualitas tinggi dalam bentuk pellet, serpih, kering dan beku.
"Berikan nilai nutrisi terbaik berfokus pada kebutuhan protein, lemak, serat, fosfor, karbohidrat, kalsium, dan vitamin (A, D3, E, K, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, H, M). Pastikan makanan cupang anda alami dan mengandung protein sebagai bahan utama. Jangan membeli atau memberi makan yang dibuat untuk ikan mas atau ikan tropis lainnya."
Ikan cupang memiliki saluran pencernaan yang sangat singkat dan tidak mengolah bahan pengisi seperti jagung dan gandum dengan sangat baik. Bahan pengisi ini sering ditemukan di banyak makanan pelet dan serpihan dan dapat menyebabkan masalah pencernaan (mis. Sembelit). Cupang tidak mendapatkan nutrisi dari bahan pengisi dan hanya menganggapnya sebagai limbah. Sangat penting bagi anda untuk menyediakan makanan tinggi protein untuk memenuhi kebutuhan karnivora mereka. Serat juga penting untuk membantu pencernaan mereka. Berikut akan kami jelaskan satu persatu


  • Pelet

Pellet
Pelet adalah makanan ikan cupang yang paling umum di pasaran, dengan kualitas yang sangat bervariasi di setiap jenisnya. Pelet terbaik untuk ikan cupang memiliki lebih sedikit bahan pengisi dan lebih banyak bahan berkualitas tinggi yang membantu ikan berkembang. Beberapa pelet ikan cupang mengembang secara signifikan setelah terkena air.
hal ini dapat menyebabkan kembung dan masalah pencernaan jika Anda tidak hati-hati karena mereka akan mengembang di perut cupang anda. Untuk pelet yang mengembang jika basah, rendam dalam air sebelum diberikan untuk menghidrasi, terutama jika cupang anda langsung memakannya saat diberikan.




  • Flakes (Serpihan)

Flakes
Ada serpihan khusus yang dibuat khusus untuk ikan cupang. Jangan memberi makan cupang anda serpihan ikan tropis lainnya karena mereka tidak memiliki kebutuhan protein yang dibutuhkan cupang. Serpihan bisa menjadi makanan pokok dalam pemberian makanan reguler, tetapi mereka juga bisa sangat mengganggu. Sisa serpihan atau yang tenggelam harus segera diangkat setelah makan.







  • Makanan Kering

Cacing Darah Kering
Makanan kering adalah pilihan yang bagus sebagai pengganti makanan alami cupang anda, tetapi tetap saja tidak dapat menggantikan kualitas makanan hidup atau beku. Makanan kering telah dihilangkan kelembabannya dan ditambahkan bahan pengisi agar tetap stabil.
Dianjurkan agar Anda merendamnya terlebih dahulu dalam air sebelum diberikan untuk rehidrasi, meningkatkan kadar air. Memberikan hanya makanan kering saja dapat menyebabkan masalah kembung dan sembelit.
Salah satu keuntungan dari makanan kering adalah mereka bebas dari bakteri dan parasit. Mereka juga mudah ditemukan di toko ikan lokal dan online dengan harga relatif murah.



  • Makanan Beku

Pakan Beku Kombinasi
Makanan beku datang dalam banyak pilihan. Ini adalah alternatif yang bagus untuk menjaga makanan alami tetap segar. Makanan cupang beku dapat disimpan dalam freezer sampai anda siap mencairkannya dan memberikannya untuk cupang Anda. Ambil secukupnya sajadan jangan pernah membekukan kembali makanan yang telah dicairkan karena bisa saja sudah terkena bakteri.









  • Makanan Alami

Makanan alami dapat kita dapatkan langsung dari alam, membelinya atau membudidayakannya sendiri. Makanan alami yang dapat kita berikan kepada cupang kita antara lain :
  • Infusoria 
    Infusoria adalah hewan mikroskopik yang dapat kita berikan kepada burayak ikan cupang umur 4 hari sampai 1 minggu, karena ukurannya yang sangat kecil infusoria kurang baik untuk pertumbuhan jadi hanya bisa digunakan untuk pakan pengganti sementara saja sampai kita dapat mendapatkan pakan yang lebih layak seperti kutu air.
  • Kutu air
    Kutu air adalah jenis hewan kecil yang biasa digunakan sebagai pakan cupang mulai dari umur 4 hari sampai dewasa. Ada 2 jenis kutu air yang mudah didapatkan yaitu Moina sp dan Daphnia Magna. Bentuk fisik Moina sp lebih kecil dibandingkan dengan Daphnia Magna sehingga Moina sp lebih cocok digunakan untuk pakan anakan ikan cupang mulai dari umur 4 hari.
  • Artemia
    Artemia adalah jenis udang air asin dengan ukuran yang sangat kecil. Biasanya dijual di toko ikan hias dalam bentuk telur (Kista / Cyst). Jadi sebelum digunakan telur tersebut harus ditetaskan terlebih dahulu.
  • Cacing Darah
    Cacing darah sebetulnya adalah larva dari nyamuk jenis Chironomus sp, nyamuk ini memakan nektar dari tumbuhan. Cacing darah sangat bagus untuk ikan cupang karena memiliki kandungan protein yang tinggi.
  • Cacing Sutra
    Cacing sutra atau Tubifex sp adalah jenis cacing halus yang dapat kita jumpai pada selokan pembuangan limbah atau sungai - sungai kecil.
  • Jentik Nyamuk
    Jentik nyamuk pakan yang paling mudah didapatkan. Jentik nyamuk biasa kita temui pada genangan air di luar ruangan, selokan atau perairan yang diam. Jika kita hendak memberikan jentik nyamuk pastikan jentik nyamuk tersebut sudah kita sterilkan terlebih dahulu agar ikan kita tidak tertular bibit penyakit. Caranya dengan merendam jentik nyamuk selama kurang lebih 12 jam atau semalam dengan larutan methelyn blue secukupnya
Pakan Hidup Air Protein Lemak Karbohidrat Abu
Infusoria
0,00%
36,30%
5,50%
0,00%
4,75%
Kutu Air Daphnia Magna
94,78%
42,66%
8,00%
14,10%
4,00%
Kutu Air Moina SP
90,60%
37,38%
13,29%
0,00%
11,00%
Artemia
81,90%
55,60%
18,50%
14,20%
7,60%
Cacing Darah
0,00%
63,00%
10,50%
0,00%
11,70%
Cacing Sutera
87,70%
57,00%
13,30%
2,04%
3,60%
Jentik Nyamuk
81,80%
67,80%
14,60%
12,20%
0,00%


Seberapa sering dan seberapa banyak pemberian makan untuk cupang?

Jangan terlalu terpaku dengan keterangan yang ditulis pada kemasan makanan ikan, karena kadang petunjuk tersebut dapat menyesatkan dan hanya menyebabkan masalah pada ikan dan air. Instruksi pemberian makan yang umum mengatakan untuk memberi makan sebanyak yang akan dikonsumsi ikan anda dalam 5 menit, atau memberi makan beberapa kali sehari dalam jumlah yang dapat dikonsumsi dalam 3 menit. Hal ini kurang tepat karena hanya akan menyebabkan makanan berlebih dan mengotori air.
  • Pelet ikan cupang (2-4 pelet, 1-2 kali sehari) 
  • Hidup, beku, atau beku-kering (2-3 lembar, 1-2 kali sehari)
Cupang dewasa dapat diberi makan satu kali sehari, dan burayak dapat diberi makan dua kali sehari. Memang kelihatan tidak cukup, tetapi banyak pelet mengebang hingga lebih dari 2X ukurannya ketika basah. Untuk anda ketahui sebenarnya perut ikan cupang kira-kira sebesar mata mereka. Pemberian makan tambahan mungkin diperlukan tergantung pada tingkat aktivitas dan kepribadian cupang anda.
Cupang akan makan berlebihan jika anda membiarkannya. Makan berlebihan dan pemebrian makan berlebihan dapat menyebabkan sembelit, kembung, tertular penyakit karena bakteri dari pembusukan sisa makanan, dan bahkan kematian.

Jadwal Pemberian Makan Yang Ideal

  • Senin: Pelet ikan cupang (2-4 pelet, 1-2 kali sehari)
  • Selasa: Hidup, beku, atau beku-kering (2-3 lembar, 1-2 kali sehari)
  • Rabu: Pelet ikan cupang (2-4 pelet, 1-2 kali sehari)
  • Kamis: Pelet ikan cupang (2-4 pelet, 1-2 kali sehari)
  • Jumat: Hidup, beku, atau beku-kering (2-3 lembar, 1-2 kali sehari)
  • Sabtu: Pelet ikan cupang (2-4 pelet, 1-2 kali sehari)
  • Minggu: Puasa untuk menjaga keteraturan pencernaan

Selalu bersihkan sisa makanan yang jatuh ke bagian bawah akuarium. Ini akan mencegah penumpukan amonia dan potensi penyakit berbahaya yang ada akibat pembusukan makanan.

Ada baiknya juga memberikan puasa untuk satu hari hal ini bertujuan untuk memberi waktu saluran pencernaan mereka sepenuhnya memproses makanan dan membatasi masalah yang terkait dengan makan berlebihan. Jika anda akan pergi selama satu atau dua hari, atau berlibur, jangan tuangkan makanan tambahan ke dalamnya, karena ikan cupang dapat bertahan hidup tanpa makanan sampai 14 hari.

Kesimpulan

Sebagai pemilik cupang sudah menjadi tanggung jawab kita untuk memastikan mereka memiliki makanan yang seimbang untuk kesehatan yang optimal. Ada mitos tentang makanan hidup yang menyebabkan konstipasi dan kembung. Ini bisa terjadi, tetapi biasanya karena kurangnya serat dalam makanan cupang, atau makan berlebih.

Ingat, ikan cupang akan makan bahkan jika mereka tidak lapar. Di alam liar, ikan cupang tidak tahu kapan mereka dapat makanan berikutnya, jadi insting mereka adalah terus makan selagi makanan tersedia.

Peringkat dalam urutan, makanan cupang terbaik adalah pakan hidup, pakan beku, pakan kering, pelet, dan serpih. Memberi makan berbagai jenis makanan akan memberikan variasi nutrisi yang dibutuhkan ikan cupang untuk berkembang.

Berapa banyak pemberian makan ikan cupang, tergantung pada aktivitas masing-masing, tetapi 2-3 pelet 1-2 kali sehari adalah jumlah yang aman. Bisa dibuatkan jadwal makan sehingga anda tidak lupa apakah anda sudah memberi mereka makan atau belum.

Demikian artikel yang panjang lebar ini semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang ikan cupang, sehingga kita dapat merawat ikan kita dengan lebih baik, salam ngedok.